Selasa, 18 Oktober 2011

Delapan Maskapai Berebut Sewakan Pesawat Haji Garuda

Delapan Maskapai Berebut Sewakan Pesawat Haji Garuda
 
Hingga tahun ini, armada yang dimiliki Garuda belum mencukupi untuk melayani penerbangan haji nasional. Pasalnya armada pesawat berbadan besar miliknya masih sangat minim dan kebanyakan digunakan untuk menerbangi rute-rute yang sudah berjadwal.
Namun hal itu bukan berarti Garuda bakal kesulitan dalam melayani penerbangan haji. Pasalnya sekarang banyak maskapai asing yang berlomba menyewakan pesawatnya ke Garuda untuk mengangkut jamaah haji. Dengan demikian, “Persoalan pesawat haji nanti, beres!” ujar Executive Vice President (EVP) Operations Garuda Indonesia, Capt. Ari Sapari saat ditemui Angkasa hari ini (3/3) di Jakarta.
Menurut Ari, pihaknya sekarang telah menerima tawaran resmi maupun tidak resmi dari delapan maskapai asing. Ari Enggan menyebutkan kedelapan maskapai tersebut dengan alasan belum dibuka proses tender secara resmi. Salah satu yang sudah menawarkan secara resmi adalah Qantas Airlines. Sedangkan yang masih secara lisan adalah Singapore Airlines (SIA). “Kebanyakan adalah maskapai yang sudah pernah dipakai tahun sebelumnya,” lanjutnya lagi.
Maskapai-maskapai asing tersebut tetap harus mengikuti tender ulang, walaupun pesawatnya sudah pernah disewa. Kinerja mereka saat ini juga akan diperiksa. Pemeriksaan akan dilakukan oleh pihak Garuda dan Pemerintah lewat Departemen Perhubungan.
Tahun ini Garuda membutuhkan tambahan 14 pesawat berbadan besar untuk melayani penerbangan haji 1430 Hijriah. Pesawat-pesawat yang dibidik adalah jenis Boeing B747-300/400, B767-300 dan Airbus A330. Jumlah jamaah haji yang akan diangkut lebih dari 100 ribu jamaah.
Walaupun kebanjiran order, Ari mengatakan tidak bisa mendapatkan harga pesawat yang terbilang murah. Pasalnya spesifikasi dan konfigurasi pesawat yang akan disewa harus sesuai dengan permintaan Departemen Agama sebagai otoritas pelaksanaan haji nasional. “Karena ada spesifikasi dan konfigurasi tersebut, harga sewa tidak bisa kita turunkan,” ujarnya. (gatot r)
http://202.146.4.40/read/news/928/delapan.maskapai.berebut.sewakan.pesawat.haji.garuda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar